WASPADAI, Bahaya Susah BAB Pada Bayi Dan Anak !!!

8 Apr 2016

WASPADAI, Bahaya Susah BAB Pada Bayi Dan Anak !!!

Sembelit atau susah buang air besar adalah suatu kondisi yang menggambarkan bahwa kotoran atau tinja menjadi lebih keras sehingga sulit dikeluarkan. Sembelit sendiri merupakan masalah umum yang banyak dialami oleh bayi dan anak-anak.

Pada bayi dan anak-anak, susah bab / buang air besar terjadi ketika tinja terlalu lama di dalam usus. Penyebab sembelit pada anak-anak atau bayi mungkin termasuk mengabaikan dorongan untuk buang air besar, diet rendah serat, obat-obatan tertentu atau masalah kesehatan.

Tanda dan gejala sembelit pada bayi dan anak-anak termasuk diantaranya :

Bahaya Susah Bab / Buang Air Besar Pada Bayi & AnakMual.
Sakit perut.
Sakit saat buang air besar.
Darah pada permukaan tinja keras.
Buang air besar yang keras, kering dan sulit.
Penurunan nafsu makan, mual , atau muntah.
Tanda dan gejala yang berlangsung lebih dari dua minggu dianggap kronis dan memerlukan evaluasi oleh dokter atau pengobatan dengan segera.

Lalu, apakah sembelit pada bayi dan anak - anak dapat menyebabkan komplikasi berbahaya ?

Prolaps rektum. Prolaps rektum terjadi ketika rektum benar-benar mulai menonjol dari anus. Sembelit kronis dapat memicu kondisi ini dan tentunya dapat membahayakn kesehatan bayi dan anak Anda.

Megacolon. Megacolon adalah kondisi perbesaran usus karena menumpuknya feses yang dapat mengakibatkan bayi mengalami radang usus. Dan Dalam jangka panjang akan menyebabkan inkontinensia fekal ( ketidak mampuan rectum untuk menahan feses).

Baca juga : Cara Melancarkan Susah BAB Pada Bayi Dan Anak Secara Alami

Encopresis. Encopresis terjadi ketika anak menolak gerakan usus, menyebabkan feses terkumpul pada kolon dan rektum. Encopresis dapat menyebabkan frustasi bagi orang tua dan memalukan bagi anak. Namun, pengobatan untuk encopresis biasanya berhasil.

Fisura anal ( Fistula ani ). Fistula ani adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan kelainan saluran dengan pembukaan internal pada saluran anus yang meluas dan terbuka pada kulit di dekat anus. Hal ini dapat terjadi ketika adanya kotoran besar, termasuk sembelit.

Wasir pada anak. Wasir sering menyebabkan perdarahan saat buang air besar, serta gatal-gatal, sensitivitas atau nyeri di sekitar anus. Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan wasir pada anak-anak, salah satunya ialah sembelit atau susah bab.

Perdarahan rektum. Dalam beberapa kasus, perdarahan adalah hasil dari air mata kecil di sekitar anus ( anal fissure ), tapi itu lebih sering disebabkan oleh wasir (tumpukan) . Tumpukan adalah pembuluh darah yang bengkak yang terbentuk di rektum yang lebih rendah dan anus.

Impaksi fekal. Sembelit jangka panjang dapat meningkatkan risiko impaksi fekal, yang dapat membuat kotoran atau tinja menjadi kering dan keras yang terkumpul di rektum dan anus.

Info lebih lengkap, baca disini Awas, Bahaya Susah BAB Pada Bayi Dan Anak


TAGS bab pada bayi dan anak


-

Author

Selamat datang di Website Ahlinya Obat Herbal, salah satu agen obat herbal online terpercaya yang melayani pemesanan ke seluruh Indonesia. Garanasi Uang Kembali Jika Pesanan Tidak Sampai – Belanja Online Di sini Dan Dapatkan Keuntungannya !

Follow Me